Template information

Blogger Templates

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

 Teknologi Infoemasi dan Komunikasi mencangkup dua aspek pengertian yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Jika ditinjau dari segi istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari tiga kata, berikut adalah Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi :

1    Teknologi

Teknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara ataun usaha dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan media tertentu. Sebagai contoh adalah teknologi transportasi adalah cara untuk memecahkan masalah di bidang transportasi. Meliputi bagaimana proses kerja mesin transportasi, sistem bahan bakar, aerodinamika dan sebagainya. Teknologi Komputer di bidang transportasi memecahkan masalah bagaimana pengaturan lalu-lintas darat dan laut, pengirim dan kondisi lalu lintas dan lain-lain


2    Informasi

Informasi berkaitan sangat erat dengan istilah data. Secara ringkas data dapat di artikan sebagai kumpulan fakta-fakta mentah yang kita lihat sehari-hari dan belum memberikan manfaat tertentuSedangkan informasi adalah kejadian-kejadian yang kita terima sesudah mengalami proses pengolahan dengan media atau teknologi tertentu.  Media yang digunakan untuk proses tidak harus modern berupa mesin, bisa juga dengan non mesin. Contoh dari informasi adalah pengolahan data penduduk Indonesia sehingga dihasilkan sebuah informasi kependudukan yang bermanfaat, yang terdiri dari pengelompokan penduduk berdasarkan angka kelahiran, usia produktif, jenis kelamin jumlah angkatan kerja dan sebagainya.
Secara garis besar informasi dapat diperoleh dengan dua hal yaitu sebagai berikut:

a.      Dari pengamatan sendiri terhadap dunia sekitarnya
b.      Memperoleh informasi dari sumber lain

Dengan demikian dapat diartikan bahwa teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mengolah informasi, mulai dari mendapatkan, memproses dan menyampaikan atau menyebarkan kembali kepada pihak yang membutukhan.

3      Komunikasi

Komunikasi adalah kegiatan mengirimkan pesan atau berita dari sumber berita yang disebut pengirim ketujuan berita penerima dengan menggunakan media tertentu. Media yang diperlukan untuk dapat mengirimkan berita dari pengirim sampaipada penerima dalam teori komunikasi dinamakan kanal ( channel )

a.      Cara berkomunikasi digolongkan menjadi dua macam yaitu :

1.      komunikasi  secara langsung yaitu komunikasi yang dilakukan antara pengirim dan penerima pesan berhadapan langsung tanpa perantara. Contoh : wawancara, guru mengajar dikelas.
2.      Komunikasi secara tidak langsung yaitu komunikasi yang dilakukan antara pengirim dan penerima pesan tidak berhadapan langsung melaikan melalui perantara media tertentu. Contoh : TV, Telepon, Internet, Surat dan media massa lainnya

b.      Bentuk Komunikasi

1.      Surat ( audio ), contoh : radio, telepon, sirene.
2.      Tulisan atau penkodean, contoh : majalah, koran.
3.      Simbol/gambar/lambang, contoh : rambu lalu lintas arah jalan.
4.      Warna, contoh : lampu lalu lintas

c.       Jarak Komunikasi

1.      Komunikasi jarak dekat yaitu antara pengirim pesan dan penerima hanya dibatasi jarak yang sangat dekat sehingga dapat bertatap muka secara langsung. Contoh:
Kegiatan belajar mengajar disekolah , interview langsung.
2.      Jarak jauh yaitu antara pengirim pesan dan penerima dibatasi jarak yang cukup jauh sehingga tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung dan memerlukan media tertentu. Contoh : melalui telepon, televisi, koran dan lain-lain.


Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang berkaitan dengan pemrosesan. Pengolahan penolahan dan transfer/pemindaian informasi dengan menggunakan media tertentu.

0 Response to "Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi "

Posting Komentar